Holding Retail Lippo Group Merugi Rp 1,24 Triliun

Image title
Oleh Ekarina
4 April 2018, 13:00
Hypermart
Katadata/Agung Samosir
Pembeli sedang memilih barang di pusat perbelanjaan Hypermart di Jakarta, 13-03-2013.

PT Multipolar Tbk (MLPL), induk usaha dari perusahaan retail dan teknologi milik Lippo Group mencetak rugi bersih sebesar Rp 1,24 triliun sepanjang 2017 atau negatif dibandingkan laba bersih yang dicatat perseroan di tahun sebelumnya sebesar Rp 243 miliar. Menurut manajemen perseroan, kerugian tersebut terjadi sejalan dengan menurunnya kinerja beberapa anak usaha dan entitas asosiasi perusahaan seperti PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT First Media Tbk (KBLV).

Tahun lalu diakui perusahaan merupakan tahun penuh tantangan bagi industri retail. Penurunan tingkat konsumsi yang dirasakan sebagian besar peritel, juga ikut dialami MPPA, anak usaha Multipolar yang 50,23% sahamnya dimiliki perseroan.

Advertisement

Sepanjang 2017, MPPA membukukan penjualan sebesar Rp 12,6 triliun dengan perolehan rugi bersih Rp 1,24 triliun, merosot tajam dari realisasi tahun sebelumnya yang masih mampu mencatat laba bersih Rp 38,4 miliar.

Menghadapi kondisi tersebut, manajemen MPPA mengatakan telah mengambil beberapa langkah strategis, termasuk di antaranya menerapkan strategi harga yang kompetitif, optimalisasi pilihan produk yang ditawarkan serta efisiensi operasional.

"Dalam mengeksekusi langkah-langkah ini, di 2017 MPPA melakukan konsolidasi struktur keuangan untuk menempatkannya dalam posisi yang lebih kuat di tahun-tahun mendatang," tulis manajemen perseroan dalam keterangan resminya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hingga akhir tahun lalu, MPPA tercatat telah mengoperasikan sebanyak 117 gerai Hypermart, 25 gerai Foodmart, 31 gerai FMX, 108 gerai Boston dan 4 gerai SmartClub.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement