Kunjungi Tiongkok, Luhut Akan Tawarkan Pendanaan Proyek OBOR

Dimas Jarot Bayu
9 April 2018, 10:03
Luhut Binsar Pandjaitan
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan berkunjung ke Tiongkok mencari pendanaan tiga proyek OBOR.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bakal menawarkan beberapa proyek infrastruktur yang ada di Indonesia kepada Tiongkok. Luhut di antaranya akan menawarkan tiga proyek pemerintah di Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Utara yang masuk dalam program One Belt One Road (OBOR).

Rencananya Luhut akan berangkat ke Beijing, Tingkok pada Rabu (11/4) untuk menawarkan proyek tersebut. Proyek-proyek yang ditawarkan nantinya akan melalui skema pendanaan alternatif. Skema pendanaan alternatif di antaranya melalui skema pendanaan campuran (blended finance) ataupun kerjasama antara pemerintah dan swasta (public private partnership).

Advertisement

"(Skema pendanaan alternatif) itu sekarang berkembang. Seperti LRT yang di Jakarta tinggal dibiayai pemerintah 25% dari APBN. Sisanya kami peroleh dari market," kata Luhut, pekan lalu.

(Lihat Infografik: Proyek Tiga Provinsi untuk Tiongkok)

OBOR merupakan upaya Tiongkok membangkitkan jalur sutera modern yang mencakup 60 negara yang diperkirakan membutuhkan biaya US$ 300 miliar - US$ 500 miliar. Pemerintah Indonesia menyiapkan sejumlah proyek OBOR - yang dapat terhubung langsung dengan Tiongkok melalui Laut Cina Selatan - dengan perkiraan biaya US$ 201,6 miliar atau sekitar Rp 2.700 triliun.

Proyek yang ditawarkan di Sumatera Utara yakni pembangunan Kuala Tanjung Internasional Hub Port and Industrial Estate dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke. Kemudian pengembangan Kuala Namu International Airport and Aerocity dan Danau Toba MICE dan Pariwisata.

Sedangkan di Kalimantan Utara, proyek yang ditawarkan pengembangan kawasan industri Klaster Smelter Alumina dan Alumunium, Klaster Energi, kawasan industri dan pelabuhan internasional Tanah Kuning. Selain itu pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air Bulungan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement