Indonesia Pacu Ekspor Desain Produk ke Jepang
Pemerintah memacu ekspor komoditas produk desain ke pasar Jepang. Salah satu strategi yang dilakukan dengan melakukan promosi dan kompetisi desain melalui ajang Good Design Indonesia (GDI).
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan GDI merupakan ajang kerjasama antara Kementerian Perdagangan dengan Japan Institute of Design Promotion. Pemenang GDI 2018 berkesempatan memamerkan karyanya di Jepang.
Jepang merupakan salah satu tujuan utama Indonesia sekaligus menjadi salah satu negara yang sulit ditembus. “Target pemerintah selain mencari pasar nontradisional baru adalah mempertahankan pasar lama,” katanya di Jakarta, Senin (23/4).
Dia pun meyakini apabila produk desain Indonesia bisa menembus pasar negeri sakura, maka pasar negera lain diharapkan bisa terdorong untuk menerima ekspor Indonesia. Selain itu, kompetisi desain produk diharapkan bisa memacu desainer dalam negeri untuk membuat produk yang kompetitif dan bernilai tambah.
(Baca : Dorong Ekspor Industri Agro, IKM Diajak Kerja Sama dengan Jepang)