Jokowi Targetkan Pengembangan Bandara Purbalingga Rampung Akhir 2019

Ameidyo Daud Nasution
23 April 2018, 20:00
Jokowi
Humas/Dinda
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman, di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini resmi memulai pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Pengembangan bandara yang sebelumnya bernama Lapangan Udara (Lanud) Wirasaba ini ditargetkan rampung tahun depan.

"Insya Allah kami harap bandara ini akan selesai akhir tahun 2019," kata Jokowi dari Purbalingga dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (23/4).

Bandara seluas 115 hektare ini akan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian Barat dan Selatan. Selain Purbalingga,  bandara ini nantinya akan melayani masyarakat yang tinggal di Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Banyumas, Pemalang, Kebumen, Brebes, serta Kota dan Kabupaten Tegal.

Saat ini, Bandara tersebut memiliki runway sepanjang 850 meter. Perpanjangan landasan pacu akan dilakukan dalam dua tahap, yang pertama sepanjang 1.600 meter, lalu 2.500 meter.

"Dengan luas terminal 3.000 meter persegi, bandara dapat menampung 300 ribu orang setiap tahun," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...