Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Indonesia Beralih ke Digital

Desy Setyowati
24 April 2018, 16:57
Sosialisasi Amnesti Pajak untuk UMKM
Arief Kamaludin|Katadata
Sosialisasi tax amnesty untuk UMKM di pusat perbelanjaan dan grosir tekstil, Thamrin City, Jakarta, Kamis (1/12).

Pemerintah mendorong 8 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan secara online dalam 2 tahun. Angka itu mencapai 13,5% dari total 59,26 juta unit UMKM Indonesia.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lis Lestari Sutjiati mengatakan, saat ini hanya sekitar 4 juta UMKM saja yang sudah berjualan secara online. "Kami target 8 juta UMKM go-online di 2020," ujar dia saat acara 'Gerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jualan Online' di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/4).

Advertisement

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah menggaet enam marketplace yakni Blibli.com, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blanja.com untuk memberi pelatihan UMKM.

Pelatihan tersebut dijalankan melalui roadshow ke berbagai Pusat UMKM dan perbelanjaan di 70 kabupaten/kota di Indonesia. Setidaknya, akan ada 376 acara yang diselenggarakan sepanjang tahun ini. "Saya yakin penjualannya, minimal naik dua kali lipat kalau berjualan online," kata Lis.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kementerian Koperasi dan UKM Emilia Suhaimi menambahkan, pengusaha kecil berperan penting bagi perekonomian di Tanah Air. Sebab, UMKM berkontribusi 62,58% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap tenaga kerja 96,87% dari total angkatan kerja. Potensi ini menurutnya akan semakin meningkat jika UMKM beralih ke digital.

(Baca juga:  Jaring Investor Baru, BEI Buka Galeri Investasi di Pasar Tradisional)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement