Tips Jadi Orang Kaya dari Jokowi: Jualan Racun Kalajengking

Ameidyo Daud Nasution
30 April 2018, 17:41
jokowi
Arief Kamaludin | KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kiat bagi masyarakat untuk mendapatkan banyak uang. Caranya dengan mencari racun kalajengking, yang merupakan salah satu komoditas termahal di dunia.

Menurutnya harga racun tersebut bisa mencapaiUS$ 10,5 juta atau Rp 145 miliar per liter.  "Kalau mau kaya cari racun kalajengking," canda Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2018 di Jakarta, Senin (30/4).

Dia mengatakan komoditas termahal di dunia bukanlah emas. Komoditas lain yang disebutnya termahal adalah Californium 252. Jokowi mengaku tidak mengetahui banyak soal zat kimia ini. Namun, dia menyebut harganya jauh lebih besar, yakni US$ 27 juta atau setara dengan Rp 375 miliar per gram.

Meski demikian, Jokowi mengatakan di atas dua komoditas itu ada lagi hal yang paling mahal, yaitu waktu. Menurutnya, waktu bisa mengubah peradaban dan teknologi. Dia mencontohkan 30 tahun lalu irama hidup terasa lebih pelan lantaran belum ada telepon seluler.

Saat itu komunikasi jarak jauh dilakukan melalui telepon. "Mau menelepon harus tunggu sampai kantor dulu," kata dia.

Oleh sebab itu musuh nomor satu di era saat ini adalah membuang waktu sebagai hal termahal. Jokowi menyoroti cara kerja birokrat yang bertele-tele, rumit, gemar dengan rantai birokrasi yang panjang. Indonesia akan sulit maju, apabila masih menggunakan pola pikir seperti ini sekarang.

Dia pun meminta hal ini ditinggalkan dan berupaya untuk lebih cepat. Perkembangan teknologi saat ini cukup pesat, sehingga membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat. Teknologi membuat produktifitas semakin meningkat.

"Saat ini bukan lagi yang besar mengalahkan kecil. Bukan yang kuat mengalahkan yangg lemah. Tapi, yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Kuncinya ada disitu," ujar Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...