Tiongkok Komitmen Perdamaian di Laut Cina Selatan

Ameidyo Daud Nasution
7 Mei 2018, 18:03
Presiden Jokowi dan PM RRT Li Keqiang
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi dan PM RRT Li Keqiang foto bersama dengan tiga maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5).

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menegaskan Negeri Tirai Bambu tersebut berkomitmen mempertahankan kedamaian di wilayah Laut Cina Selatan. Dia menyebut walaupun saat ini ada perselisihan dan perbedaan antar negara di kawasan tersebut namun pihaknya berkomitmen akan adanya perdamaian.

Hal ini dikatakan Li saat menyampaikan pernyataan pers bersama Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (7/5). Menurut Li, baik Tiongkok, Indonesia, serta negara lain di kawasan ini merupakan kawan senasib sepenanggungan sehingga perlu menjaga stabilitas bersama.

Advertisement

"Kami juga melindungi kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan," kata dia. (Baca: Awasi Kapal Selam Asing, Pemerintah Pasang Instalasi Sonar Bawah Laut)

Li juga mengatakan usai bertemu Jokowi, dirinya akan mengunjungi Sekretariat Nasional ASEAN. Selain memperingati 15 tahun hubungan kerja Indonesia dan ASEAN, dia juga menekankan peningkatan kerja sama yang bermanfaat dan strategis. Dia mengajak Indonesia bersama-sama melindungi kestabilan negara-negara tetangga.

Selain itu dirinya menyatakan dukungan Tiongkok dalam perhelatan olah raga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Li berharap Asian Games dapat terlaksana dengan sukses. Dia pun menyatakan berkomitmen pihak Tingkok akan berpartisipasi secara penuh dalam ajang olah raga ini.a.

(Baca: Mencari Peruntungan Kedua Dana Tiongkok di Jalur Sutera)

Di sisi lain, Jokowi juga meminta Tiongkok memberi dukungan bagi perjuangan Palestina. Presiden juga memastikan Negeri Panda tersebut akan bersama-sama menjaga kestabilan di kawasan Asia Tenggara. "Capaian ini akan terus dijaga dan ditingkatkan," uja Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement