Bangun Dua Pabrik, Sari Roti Siapkan Dana Rp 500 Miliar

Hari Widowati
11 Mei 2018, 13:31
Sari roti
Arief Kamaludin|KATADATA
Produsen Sari Roti akan menambah kapasitas dengan membangun dua pabrik baru di Gresik dan Lampung.

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), produsen roti merek Sari Roti, akan menambah kapasitas produksi dengan membangun dua pabrik baru di Gresik dan Lampung mulai tahun ini. Perseroan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure) sebesar Rp 500 miliar untuk kedua pabrik tersebut.

External Communications Head Nippon Indosari Stephen Orlando mengatakan, belanja modal untuk pembangunan kedua pabrik baru tersebut berasal dari Penawaran Umum Terbatas (PUT) I 2017. Pembangunan pabrik roti di Gresik dan Lampung diperkirakan tuntas pada 2019 sehingga total jumlah pabrik Sari Roti di Indonesia akan menjadi 12 pabrik. Saat ini kapasitas terpasang dari pabrik yang sudah berjalan mencapai 4 juta potong per hari. Pada 2019, total kapasitas produksi dari ke-12 pabrik Sari Roti akan mencapai 4,8 juta potong per hari.

Stephen mengatakan, total alokasi belanja modal perseroan tahun ini mencapai Rp 600 miliar. Selain untuk ekspansi pabrik, belanja modal sebesar Rp 100 miliar dialokasikan untuk pemeliharaan mesin-mesin yang dimiliki perseroan.

Pada semester I 2018, perseroan juga akan merampungkan pembangunan pabrik baru di Filipina. Pabrik roti yang dijalankan oleh anak usahanya, Sarimonde Foods Corporation, pada tahap awal akan memproduksi roti tawar. "Secara bertahap akan kami tingkatkan produksinya dari roti tawar kemudian roti manis," ujar Investor Relation and Communication Vice President Nippon Indosari Lukito Ghozali, dalam konferensi pers, Jumat (11/5).

Setelah ekspansi di Filipina, perusahaan masih membuka kemungkinan ekspansi ke negara-negara lain. Tahun lalu, perseroan juga menjalin kerja sama strategis untuk memasok kue dan pastry di 576 gerai Caffebene di Korea Selatan. Selain di Korea Selatan, Caffebene mengoperasikan 129 gerai di 14 negara. "Ekspansi di luar negeri selain Filipina tetap terbuka dan masih kami jajaki. Namun, kontribusi penjualan dari luar negeri masih kecil," ujar Stephen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...