Bumi Mineral Jual 51% Saham Dairi Prima untuk Biayai Tambang Emas

Anggita Rezki Amelia
14 Mei 2018, 13:59
Emas
Arief Kamaludin | Katadata
ilustrasi.

PT Bumi Resources Mineral Tbk menjual 51% saham anak usahanya yakni PT Dairi Prima Minerals. Langkah ini merupakan upaya anak usaha PT Bumi Resources Tbk ini mencari dana untuk pengembangan proyek emas di Sulawesi Tengah dan pembayaran kredit.

Direktur Hubungan Investor Bumi Resources Herwin Hidayat mengatakan saham tersebut akan dibeli China Nonferrous Metal Industry’s Foreign Engineering&Construction Co Ltd (NFC). Nilainya mencapai US$ 198 juta.

Dengan pembelian itu, perusahaan asal Tiongkok itu akan menjadi mayoritas dan operator di proyek yang digarap Dairi. Adapun, Dairi Prima mengelola proyek seng dan timah yang berlokasi si Sumatera Utara.

Sementara itu, Bumi Mineral akan menggunakan dana pembelian itu untuk dua hal. Pertama, membayar kredit dari bank asal Swiss senilai US$ 90 juta. Kedua, US$ 108 juta akan dijadikan modal pengembangan proyek tambang emas di Sulawesi.

Bumi Mineral memang membutuhkan dana segar untuk konstruksi proyek pertambangan emas Poboya di Palu, Sulawesi Tengah. Proyek ini dikelola oleh anak usahanya yaitu PT Citra Palu Minerals. "Jadi tim kami mencoba cari pendanaan yang cukup efisien untuk mendanai proyek di Sulawesi," kata dia di Jakarta, Senin (14/5).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...