Kemenhub Perketat Pengawasan Terminal, Pelabuhan, dan Bandara

Image title
14 Mei 2018, 15:36
Bandara Ngurah Rai
ANTARA FOTO/Wira Suryantala

Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi memerintahkan jajarannya lebih meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan di titik-titik simpul transportasi. Ini dilakukan menyusul ledakan bom dan terorisme di beberapa wilayah.

"Bila diketahui ada pergerakan orang atau barang bawaan yang dicurigai agar dilakukan pengawasan ketat,” kata Budi dalam keterangan reminya kemarin. Dia memerintahkan jajaran kementeriannya selalu berkoordinasi dengan Kepolisian, membantu pengamanan dan segera melaporkan hal-hal yang mencurigakan.

(Baca: Australia dan AS Beri Peringatan Keamanan Pascaledakan Bom Surabaya)

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi berkomitmen memperketat pengamanan di terminal dan pelabuhan penyeberangan. Dia memerintahkan para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di masing-masing wilayah meningkatkan pengamanan, tapi tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan masyarakat

“Menjelang Ramadhan ini banyak masyarakat yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya. Pemerintah harus bisa menjamin keamanan dan keselamatan," kata Budi Setiyadi.

Dia mengatakan terminal, pelabuhan penyeberangan, serta bandara merupakan obyek vital negara. Penyelenggaraannya harus steril dari kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso juga menginstruksikan semua stakeholder penerbangan untuk memperketat pengamanan di semua Bandara dan fasilitas penerbangan di seluruh Indonesia. Ia memerintahkan untuk menjaga kualitas fasilitas penerbangan seperti radar, menara kontrol, CCTV, x-rey, dan beberapa lainnya.

"Terutama bandar udara yang banyak dikunjungi masyarakat. Apalagi ini menjelang bulan Ramadhan, banyak masyarakat yang mudik dengan transportasi udara," kata Agus Santoso. Semua yang mencurigakan baik orang maupun barang harus segera dilokalisasi di luar bandara."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...