Kereta Bandara Adi Soemarmo Digunakan untuk Rute Solo – Yogyakarta

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2018, 16:20
Proyek Kereta Bandara
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Jadwal kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru berangkat pukul 03.51 WIB dan terakhir pada pukul 21.51 WIB. Sementara pemberangkatan dengan rute sebaliknya, dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Pemerintah hari ini mulai mengoperasikan rangkaian kereta Bandara Adi Soemarmo hari ini. Namun, sebelum jalur kereta bandara siap, rangkaian kereta tersebut dioperasikan untuk rute Solo – Yogyakarta - Kutoarjo atau Kereta Solo Ekspres.

Jalur kereta Bandara Adi Soemarmo ditargetkan rampung pada semester kedua tahun ini. "Satu rangkaiannya rerdiri 4 kereta dan kapasitas 393 penumpang," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Zulfikri dalam keterangan pers resmi, Kamis (17/5).

Hadir dalam peresmian operasional rangkaian kereta di Stasiun Solo Balapan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, serta Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro.

(Baca juga: Pemerintah Siapkan Dua Skema Pembiayaan Kereta Layang Lingkar Jakarta)

Zulfikri mengatakan, tarif kereta api Solo Ekspres ditetapkan sesuai jarak. Untuk jarak terjauh dari stasiun Solo Balapan - Kutoarjo PP, tarif yang dikenakan sebesar Rp 40 ribu. Sedangkan untuk rute Stasiun Yogyakarta - Stasiun Kutoarjo berlaku tarif Rp 30 ribu. Ada 4 jadwal keberangkatan yang disediakan yakni 08.40 dan 15.40 dari Solo Balapan. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo pukul 11.15 dan 18.25.

Tarif tersebut lebih mahal ketimbang Kereta Prambanan Ekspres (Prameks) yang beroperasi pada rute yang sama. "Ada perbedaan tarif (dengan Prameks) karena Solo Ekspres dilengkapi pendingin udara, TV LED, bagasi khusus penumpang, pengisi daya ponsel, dan tempat duduk khusus disabilitas," kata Zulfikri.

Kementerian Perhubungan berharap operasional Kereta Solo Ekspres ini dapat menumbuhkan minat masyarakat menggunakan kereta api. Sehingga apabila telah beroperasi awal tahun depan, maka masyarakat Solo, Yogyakarta, dan Kutoarjo tertarik menggunakan fasilitas kereta bandara.

(Baca juga: Tiga Investor Lokal Minati Proyek Jalur Kereta Layang Lingkar Jakarta).

Sedangkan kehadiran kereta bandara di Solo akan menyusul beberapa moda serupa di berbagai kota. Sebelumnya Bandara Kualanamu Sumatera Utara dan Bandara Soekarno Hatta juga sudah mengoperasikan kereta bandara. Menyusul kemudia kereta Bandara Minangkabau (Sumatera Barat).

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...