Tepis Keterlibatan Trump, MNC Mengaku Lido City Gandeng BUMN Tiongkok

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 Mei 2018, 11:46
hary tanoe
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (kanan) menaiki mobil seusai menjalani pemeriksaan di Direktorat Tindak Pidana Siber, Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Pemimpin MNC Group Hary Tanoesoedibjo membantah pemberitaan bahwa MNC Land mendapatkan pinjaman dari pemerintah Tiongkok sebesar US$ 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun. Pinjaman itu untuk membiayai pembangunan taman bermain (theme park) yang menjadi bagian proyek MNC Lido City di Sukabumi, Jawa Barat.

MNC Lido City merupakan proyek kerja sama antara MNC Land dengan Trump Organization, perusahaan milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump. "Tidak benar," kata Hary saat dikonfirmasi mengenai pinjaman dari pemerintah Tiongkok, seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu Wakil Direktur Utama Budi Rustanti menjelaskan, pada 7 Mei lalu MNC Land telah menandatangani kontrak untuk pembangunan theme park di MNC Lido City dengan perusahaan kontraktor China Jingye dari Metallurgical Corporation of China atau MCC Group. MCC Grup merupakan perusahaan milik negara Tiongkok.

"Penandatanganan kontrak ini tidak berhubungan dengan pembiayaan untuk pembangunan Theme Park di MNC Lido City," kata Budi kepada Katadata.co.id, Jumat (18/5).

(Baca juga: Pendanaan Tiongkok di Proyek Trump dan Hary Tanoe Dapat Sorotan)

Lebih lanjut Budi mengatakan Theme Park di MNC Lido City sepenuhnya dimiliki oleh MNC Land dan tidak memiliki hubungan dengan Trump Organization.

Hubungan MNC Land dengan Trump Organization, kata Budi, dalam perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani di tahun 2015. Lewat perjanjian itu, MNC Land dan Trump Organanization bekerja sama mengelola perhotelan mewah dan proyek perumahan yang dimiliki oleh MNC Land di MNC Bali Resort dan MNC Lido City.

MNC Lido City merupakan sebuah proyek hunian di atas lahan seluas 3.000 hektar yang dilengkapi fasilitas seperti lapangan golf, hotel berbintang, resor serta MNC Movie Land dan theme park. 

Dari website resmi MNC Land, disebutkan MNC Lido City merupakan destinasi live, work and play untuk menghadirkan hiburan dan gaya hidup premium. Adapun theme park yang merupakan bagian dari MNC Lido City, sebagai tempat atraksi pertunjukkan yang menegangkan dan canggih, yang akan dibangun di atas lahan 100 hektar.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...