Disaingi Mitsubishi, Pangsa Pasar Mobil Grup Astra Tergerus Jadi 49%

Image title
Oleh Ekarina
21 Mei 2018, 10:15
Astra
Arief Kamaludin | Katadata
Astra

Persaingan ketat antara merek kendaraan kembali menekan pangsa pasar kendaraan roda empat milik perusahaan konglomerasi PT Astra International Tbk (ASII). Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menunjukan, sepanjang empat bulan pertama 2018, pangsa Grup Astra tergerus sebesar 8% menjadi sekitar 49% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 57%.

Secara keseluruhan penjualan mobil nasional hingga empat bulan pertama 2018 tercatat sebesar 394.421 unit mobil, tumbuh 5,6% dari periode yang sama tahun lalu sebesar 373.384.

Advertisement

Astra International saat ini membawahi sekitar empat merek kendaraan roda empat, yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot. Secara keseluruhan, sepanjang Januari-April 2018 Astra Grup mencatat penjualan sebesar 192.908 unit kendaraan, lebih rendah dari Januari-April tahun lalu dengan angka penjualan kendaraan 211.672 unit.

(Baca : Astra Targetkan Pangsa Pasar Otomotif Lebih Rendah dari Tahun Lalu)

Toyota masih menjadi merek utama penyumbang penjualan otomotif grup Astra, sekaligus pemimpin pasar otomotif nasional dengan angka sebesar 114.427 unit. Namun demikian, jika dibandingkan dengan periode Januri-April tahun lalu sebesar 141.051 unit, realisasi penjualan Toyota turun sebesar 18,8%.

Sementara tiga merek kendaraan Astra masih mencatat kenaikan, seperti Daihatsu masih dapat tumbuh 7,9% menjadi 70.476 unit dari periode yang sama tahun sebelumnya 65.265 unit, segmen kendaraan niaga merek Isuzu tumbuh 49,2% menjadi 7.971 unit dan Peugeot yang penjualannya melonjak 112% menjadi 34 unit.

Penjualan kendaraan mobil murah Astra atau low cost and green car (lcgc) grup Astra juga makin menyusut, yang mana pada periode ini perseroan hanya mampu membukukan total penjualan 58.756 unit, anjlok hingga 72,1% dari dengan periode yang sama tahun lalu 211.672

Di sisi lain, merek non-Astra juga mencatat pertumbuhan penjualan mengikuti pertumbuhan pasar. Mitsubishi misalnya, sepanjang Januari-April 2018 membukukan penjualan 73.179 unit, melesat 115% dibanding tahun sebelumnya sebesar 33.958 unit.

Peningkatan penjualan Mitsubishi sejak Februari 2018, telah mengubah peta pasar, karena produsen Xpander tersebut mampu menyalip peringkat Daihatsu sebagai merek mobil dengan penjualan terbesar kedua nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement