PGN Targetkan Valuasi Aset Pertagas Rampung Juni 2018

Anggita Rezki Amelia
21 Mei 2018, 18:59
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara/PGN Tbk menargetkan valuasi aset PT Pertamina Gas (Pertagas) dapat selesai sebelum akhir Juni 2018. Valuasi ini sebagai bahan untuk mengakuisisi perusahaan tersebut. Adapun, akuisisi ini merupakan bagian dari pembentukan induk usaha (holding) minyak dan gas bumi (migas).   

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan valuasi itu rencananya diumumkan sebelum Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).  “Jadi kami belum bsia disclose karena  harus benar-benar secure," kata dia di Jakarta, Senin (21/5).

Advertisement

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia, PGN akan melaksanakan RUPS pada 29 Juni 2018. Agenda RUPS adalah persetujuan atas transaksi material terhadap rencana pengambialihan saham Pertamina pada Pertagas oleh Perseroan.

Direktur Perencanaan Investasi & Manajemen Resiko Pertamina Gigih Prakoso mengatakan valuasi ini akan melibatkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga akan digandeng untuk menjustifikasi nilai valuasinya sesuai kaidah bisnis saat ini.

Proses valuasi tersebut juga akan mengikuti ketentuan yang berlaku agar transparan. "Tentunya integrasi Pertagas ke PGN ini sesuai timeline yang direncanakan dan prosesnya akan prudent," kata Gigih.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement