Beroperasi Kembali, Bumiputera Kantongi Premi Rp 1,2 Triliun

Rizky Alika
23 Mei 2018, 17:57
Wimboh OJK
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 telah beroperasi normal. Sepanjang 1 Januari hingga 9 Mei 2018, penerimaan premi telah mencapai Rp 1,2 trillun yang berasal dari 417.233 polis. 

"Rp 1,2 triliun merupakan total premi gabungan. Ada premi baru dan lanjutan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso usai Rapat Kerja dengan Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (23/5). (Baca juga: Hidupkan Bumiputera, Ketua OJK: Boleh Jual Polis dan Bentuk Anak Usaha)

Advertisement

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi mengatakan jumlah klaim asuransi sejak awal tahun hingga 9 Mei berkisar Rp 1 triliun. Namun, tak ada kejelasan mengenai ada tidaknya klaim tahun sebelumnya yang pembayarannya masih tertunda.

"Itu (klaim sebesar Rp 1 triliun) ada waktu-waktunya, ada jenis produk, ini yang harus diselesaikan," kata dia. (Baca juga: Bumiputera Terbelit Persoalan Keuangan, Nasabah Besar Tagih Penjelasan)

Seiring operasional perusahaan yang kembali normal, OJK pun berancang-ancang untuk mencabut pengelola statuter dari kursi kepemimpinan perusahaan. Adapun OJK membekukan direksi dan komisaris, lalu mengalihkan tugas dan tanggung jawabnya kepada pengelola statuter mulai 2016.

Menurut Wimboh, OJK tengah berkoordinasi dengan Badan Perwakilan Anggota Perusahaan (BPA) untuk menunjuk jajaran direksi baru. Nantinya, OJK akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap jajaran direksi yang ditunjuk tersebut. Namun, belum ada kepastian mengenai target waktu direksi mulai memimpin perusahaan.

Sebagai bagian dari upaya penguatan Bumiputera, pada tanggal 27 Februari 2018 lalu OJK telah menerbitkan Peraturan OJK Nomor 1 POJK.05/2018 mengenai Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Berbentuk Badan Hukum Usaha Bersama.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement