Tambah Toko, Pemilik Jaringan Ranch Market Siapkan Capex Rp 65 Miliar

Image title
Oleh Ekarina
23 Mei 2018, 08:00
Supra Boga Lestari, berencana menambah empat gerai Ranch Market dan Farmers Market tahun ini.
ranchmarket99id / Instagram
Supra Boga Lestari, berencana menambah empat gerai Ranch Market dan Farmers Market tahun ini.

PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC), perusahaan pemilik lisensi  jaringan gerai Ranch Market dan Farmers Market di Indonesia berencana mengalokasikan investasi belanja modal (capital expanditure/capex) sebesar Rp 65 miliar sepanjang tahun ini. Menurut manajemen perseroan, sebagian dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membuka empat gerai baru.

"Tahun ini perusahaan berencana membuka 1 gerai Ranch Market dan 3 gerai Farmers Market di Jakarta. Selain itu, belanja modal tahun ini juga akan digunakan untuk merenovasi gerai serta pengembangan sistem informasi teknologi," tulis manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Selasa (22/5).

Dana ekspansi tahun ini, rencananya sebagian akan diperoleh dari kas internal dan utang bank. Adapun dari ekspansinya tersebut, perseroan menargetkan mampu meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 5% tahun ini menjadi Rp 2,3 triliun dengan perolehan laba bersih sebesar Rp 40 miliar, tumbuh dari realisasi laba bersih tahun lalu sebesar Rp 37,7 miliar.

(Baca : Rugi Bersih Hero Supermarket Turun 33% Pada Kuartal I 2018)

Hingga 2017, Supra Boga tercatat telah menngoperasikan sekitar 34 unit gerai. Dari jumlah tersebut, 20 unit di antaranya merupakan gerai Farmers Market dan 14 gerai Ranch Market.

Sepanjang 2017, industri retail khususnya pada segmen supermarket dan hypermarket menghadapi kondisi menantang.   PT Hero Supermarket Tbk (HERO)  salah satunya. Perusahaan membukukan rugi bersih sebesar Rp 4 miliar pada kuartal pertama 2018, turun 33% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 6 miliar. Penurunan rugi bersih ini salah satunya ditopang oleh peningkatan margin dan penurunan biaya.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...