AHY Diajukan Jadi Cawapres Prabowo bila Demokrat-Gerindra Berkoalisi

Dimas Jarot Bayu
24 Mei 2018, 14:47
AHY
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pilkada dan Pilpres Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di DPP Partai Demokrat, (17/2/2018).

Partai Demokrat bakal mengajukan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Pengajuan AHY bila kerangka kerja koalisi dengan Gerindra disepakati kedua belah pihak.

"Kalau ditanya Demokrat akan menyodorkan siapa (cawapres bagi Prabowo), tentu yang namanya sedang naik daun yakni AHY," kata Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinan Hutahaean ketika dihubungi Katadata.co.id, Kamis (24/5).

Ferdinan mengatakan, kerangka kerja antara Demokrat dan Gerindra akan disepakati  terlebih dahulu sebelum pengajuan AHY sebagai cawapres. Alasannya, kerangka kerja ini penting untuk mengetahui bentuk kerja sama dan arah koalisi dua partai tersebut. 

(Baca juga: Survei Cawapres, AHY, Bersaing dengan Gatot Nurmantyo dan Cak Imin)

Ferdinan menilai pemasangan Prabowo dan AHY akan sulit tercipta jika kerangka kerja tak disepakati. Sebab nantinya akan sulit ada kesepahaman ketika keduanya berpasangan dalam Pilpres 2019.

"Kami juga tidak mau kerangka itu tidak sepaham antara kita dengan Gerindra," kata dia.

Saat ini, Demokrat masih terus berkomunikasi dengan Gerindra terkait penjajakan ini. Menurut Ferdinan, komunikasi yang dilakukan masih dalam tahap awal di mana pembicaraan masih antara sekretaris jenderal partai.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...