Disebut Halal, Masjid di London Terima Sedekah Bitcoin

Desy Setyowati
24 Mei 2018, 11:02
Bitcoin
Katadata

Selain sebagai instrumen investasi, bitcoin ternyata juga diterima untuk bersedekah di beberapa masjid di London, Inggris. Tak hanya Bitcoin, mata uang virtual (cryptocurrency) lainnya seperti Ethereum dan Ripple juga disambut oleh pengurus masjid.

Salah seorang penasihat di Masjid Shacklewell Lane, Zayd al Khair menjelaskan, pada umumnya mata uang atau alat pembayaran yang sah di mata negara maka dianggap halal. "Yang menjadi panduan adalah nilai yang diwakilinya. Jika uang atau alat pembayaran itu ditransaksikan dengan cara yang sah, maka itu halal," kata dia sebagaimana dikutip dari Telegraph.co.uk, Selasa (22/5) lalu.

Advertisement

Toh, selama ini pengurus masjid jarang sekali menanyakan asal muasal sumbangan yang diberikan. Hanya, ia berpikiran positif bahwa setiap sedekah atau sumbangan diberikan ke masjid dengan itikad baik.

Memang sempat ada kekhawatiran dari para ulama, bahwa sedekah dengan bitcoin serupa menukar emas menjadi uang. Akan tetapi, mata uang digital ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. "Perlu ada yang memimpin. Kami sudah memulai mengkampanyekan terobosan ini. Jika itu berhasil, saya yakin lebih banyak lagi masjid yang menerima cryptocurrency," ujar dia.

(Baca juga: Jumlah Investor Bitcoin Hampir Menyamai Bursa Efek Indonesia)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement