Enam Perusahaan Terbesar Batu Bara Penuhi Kewajiban Pasokan Domestik

Anggita Rezki Amelia
24 Mei 2018, 22:02
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Enam perusahaan tambang mengklaim telah memenuhi kewajiban memasok batu bara untuk dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO).  Enam perusahaan itu adalah PT Adaro Energy Indonesia, PT Berau Coal, PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin Indonesia, PT Kideco Jaya Agung dan PT Bukit Asam.

Direktur PT Adaro Energy Indonesia Lie Luckman mengatakan sudah memasok 4,1 juta ton batu bara untuk dalam negeri. Padahal kewajiban batu bara hanya 3,5 juta ton atau 25% dari total produksi sebesar 14,1 juta ton sejak Januari hingga April 2018.

Batu bara itu dipasok ke delapan Pembangkit Listrik Tenaga Uap, di antaranya Cirebon Electric Power, General Energi Bali, PJB, Indonesia Power dan Jawa Power. Kami sampaikan di sini ada sekitar delapan PLTU yang disuplai dari batu bara Adaro," kata dia dalam RDP di DPR Jakarta, Kamis (24/5).

Adapun, tahun ini, Adaro berencana memproduksi batu bara sebanyak 50 juta ton. Mengacu itu, kewajiban DMOnya sebesar 12,5 juta ton.

Sementara itu, total produksi batu bara PT Berau Coal hingga Mei mencapai 11,2 juta ton. Dari jumlah itu sekitar 2,7 juta ton dipasok ke dalam negeri. Sedangkan hingga akhir tahun, perusahaan berencana memproduksi 33 juta ton batu bara.

PT Kaltim Prima Coal (KPC) sudah memasok dalam negeri sebesar 4,6 juta ton dari total produksi 17,5 juta ton. Batu bara ini dipasok ke PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero), PT Freeport Indonesia dan PT Pupuk Kaltim.

Adapun, sisanya sebsar 12,9 juta ton batu bara diekspor. "Untuk DMO sudah 25 persen kami dari yang bisa kami sampaikan, ekspor itu 74 persen dan domestic 26 persen. Jadi sudah masuk." kata Komisaris KPC, Sri Damayanti.

PT Arutmin Indonesia hingga April 2018 sudah menyuplai batu bara ke dalam negeri sebesar 3,25 juta ton, dari total produksi 13 juta ton. Tahun ini, perusahaan menargetkan bisa memproduksi batu bara sebesar 28,8 juta ton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...