Gubernur Baru BI Perry Warjiyo Janji Respons Bunga Acuan Lebih Cepat

Image title
24 Mei 2018, 15:14
perry warjiyo
Arief Kamaludin|Katadata
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Gubernur baru Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan stabilitas kurs rupiah menjadi prioritas bank sentral saat ini. Untuk itu, pihaknya akan lebih mengkombinasikan kebijakan suku bunga acuan BI 7 Days Repo Rate dan intervensi ganda baik di pasar valuta asing maupun pasar Surat Berharga Negara (SBN).

Secara khusus, Perry menyebut kebijakan bunga acuan akan lebih ahead of the curve alias antisipatif. Sebelumnya, beberapa pihak menyebut kebijakan BI menaikkan bunga acuan pada pertengahan Mei lalu terlambat alias behind of the curve.

"Kemarin sudah dinaikkan 0,25% (BI 7 Days Repo Rate). Kami akan merencanakan untuk preemptive, lebih ahead of the curve dalam respons kebijakan suku bunga," kata Perry usai pelantikan, Kamis (24/5). (Baca juga: Perry Warjiyo Gubernur BI, Langkah Stabilisasi Kurs Diharapkan Menguat)

Di sisi lain, intervensi ganda akan terus dilakukan, yaitu dengan memasok valas ke pasar maupun membeli kembali Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder. "Tahun ini kami juga sudah membeli hampir Rp 50 triliun SBN yang dijual oleh asing. Kami akan terus lakukan untuk bisa segera menstabilkan rupiah. " kata dia.

Lebih jauh, ia menyatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam konteks lelang SBN dan pembelian kembali SBN yang dilepas asing (buyback). (Baca juga: Gejolak Kurs Rupiah Diprediksi Bisa Berlangsung Hingga Akhir Tahun)

Perry menambahkan pihaknya juga akan mengadakan pertemuan dengan kalangan perbankan dan pelaku usaha sebagai pemilik devisa. Tujuannya, untuk meyakinkan pentingnya manjaga stabilitas kurs rupiah dan meminta dukungan perbankan serta pelaku usaha untuk mewujudkan hal itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...