Pesawat Kepresidenan Jadi yang Pertama Mendarat di Bandara Kertajati

Ameidyo Daud Nasution
24 Mei 2018, 12:57
Pesawat Kepresidenan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat
www.setkab.go.id
Pesawat Kepresidenan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat, Kamis (24/5)

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo menjadi pesawat pertama yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Presiden mendarat pada pukul 09.19 Waktu Indonesia Barat (WIB), setelah lepas landas dari bandara Halim Perdanakusuma.

Layaknya pesawat pertama yang mendarat di suatu bandara, ketibaan Presiden juga disambut dengan upacara water salute. Turun dari pesawat, Jokowi mengungkapkan harapannya agar bandara ini dapat meningkatkan perekonomian Jawa Barat dan Majalengka.

"Kami berharap Bandara Kertajati nantinya betul-betul menjadi bandara yang bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Kamis (24/5).

Tak hanya itu, Presiden meminta Bandara Kertajati bisa terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya hanya 40 kilometer. Dengan adanya integrasi ini, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan akses serta pelayanan, terutama investor yang ingin masuk ke Jawa Barat.

(Baca: Landasan Terbatas, Bandara Kertajati Hanya Jadi Transit Embarkasi Haji)

Pemerintah menargetkan Bandara Kertajati akan mulai beroperasi melayani penerbangan komersial pada 8 Juni mendatang. Selanjutnya, Presiden menjanjikan akan memperluas landasan pacu bandara ini, agar pesawat-pesawat berbadan lebar bisa terbang dan mendarat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...