Kontraktor Blok Citarum Lunasi Pembayaran Bonus Tanda Tangan

Anggita Rezki Amelia
25 Mei 2018, 18:59
Sumur Minyak
Chevron

Operator Blok Citarum yakni konsorsium PT Cogen Nusantara Energi dan PT Green World Nusantara telah membayar bonus tanda tangan. Mereka adalah salah satu pemenang lelang blok minyak dan gas bumi (migas) 2018.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Ediar Usman mengatakan pembayaran bonus tanda tangan itu sudah dilunasi beberapa waktu lalu. Adapun nilai bonus tanda tangannya sebesar US$ 750 ribu. “Dia sudah memberikan bonus tanda tangan," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (25/5).

Namun, kontrak tersebut belum bisa ditandatangani. Alasannya, mereka belum membayar jaminan pelaksanaan atau performance bond. Kementerian ESDM berharap kontraktor tersebut bisa segera menyelesaikannya.

Sementara itu, Kementerian ESDM juga masih menunggu empat kontraktor lainnya yang juga menjadi pemenang lelang blok dengan penawaran langsung 2018 lainnya. Dengan begitu kontrak bisa cepat ditandatangani.

Empat operator tersebut adalah ni Indonesia Ltd yang memenangkan Blok East Ganal. Selain itu ada Lion Energy Limited di Blok East Seram, dan Konsorsium Talisman West Bengara B.V - MOECO South Sumatra Co., Ltd yang berhasil memenangkan Blok Southeast Jambi.

Pemerintah menargetkan penandatanganan kontrak empat blok migas itu bisa terlaksana 5 juni mendatang. "5 Juni tanda tangan," kata Ediar.

(Baca: Penandatanganan Kontrak Blok Merak-Lampung Tertunda Lagi)

Selain pemenang lelang blok tahun 2018, Ediar berharap ada kontrak lain yang bisa diteken bersamaan. Kontrak yang dimaksud adalah Blok Merak-Lampung yang dimenangkan oleh Tansri Madjid Energi tahun 2017.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...