Masuk Pasar Tiongkok, Eksportir Minta Peningkatan Kualitas Buah Lokal

Michael Reily
25 Mei 2018, 14:05
Manggis
ANTARA FOTO/Rahmad
Pedagang melayani pembeli buah Manggis di pinggir jalan lintas nasional Banda Aceh Medan, Pidie Jaya, Aceh, Sabtu (17/12). Buah Manggis yang khas daerah setempat digemari para pengguna jalan untuk oleh oleh dari Pidie Jaya yang dijual pedagang Rp.15 ribu perikat.

Pengusaha minta peningkatan kualitas produk buah dan sayur dalam negeri  untuk memenuhi permintaan pasar Tiongkok.  Dengan meningkatnya kualitas produk,  diharapkan dapat memicu penguatan daya saing  produk Indonesia di tingkat perdagangan dunia.

Ketua I Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo) Eddy Simon peningkatan  kualitas produk buah dan sayur ke depan juga dapat membuka peluang  ekspor ke negara lain, baik secara jangkauan pasar maupun dari sisi volume. “Kualitas semakin bagus, permintaan pasti akan bertambah,” kata Eddy kepada Katadata, Jumat (25/5).

Advertisement

(Baca : Ikuti Rekomendasi WTO, Pemerintah Revisi Aturan Impor Hortikultura)

Menurutnya,  untuk menjangkau pasar ekspor,  komoditas Indonesia saat ini mesti bersaing ketat dengan berbagai produk dari Vietnam dan Thailand. Beberapa contoh permintaan komoditas pertanian dari Tiongkok, seperti manggis dan salak.

Sebelumnya, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang  melakukan lawatan ke Indonesia.  Menurut Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Isu-isu Strategis Perdagangan Internasional Lili Yan Ing kunjungan perdana menteri Tiongkok tersebut telah menghasilkan beberapa kesepakatan  di bidang perdagangan. Salah satunya membuka akses pasar untuk produk pertanian Indonesia dengan cakupan komoditas  dengan daftar permintaan komoditas yang cukup luas. Namun demikian, beberapa di antaranya masih akan dibahas lebih lanjut.

(Baca Juga : Langgar Izin Impor, Kemendag Amankan Jeruk dan Apel Asal China)

Lili menjelaskan Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan ekspor peroduk pertanian dan juga diversifikasi produk ke negeri tirai bambu tersebut. “Potensinya besar, pasar Tiongkok mencapai 1,3 miliar orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Pertanian mencatat kenaikan produksi buah pada 2017  mencapai 7,1%  dibandingkan 2016. Catatannya, produksi 26 jenis buah pada 2016 sebanyak 18,3 juta ton, naik ke angka 19,6 juta ton tahun lalu.

Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement