Perbesar Dampak Ekonomi Lokal, Panitia Asian Games Gandeng 15 UMKM

Image title
30 Mei 2018, 17:04
Venue Asian Games 2018
Katadata
Venue Lapangan Bola Volley untuk Asian Games 2018

Pemerintah memilih 15 perusahaan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi dan menjual merchandise resmi Asian Games 2018. Pemilihan ini untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap perekonomian Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, dikenal dengan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), Erick Thohir mengatakan Asian Games bukan hanya bermanfaat dari sisi branding. “Juga bermanfaat dari segi ekonom karena banyak sponsor-sponsor,” kata Erick Thohir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (30/5). (Baca: Pacu Promosi, Para Menteri Akan Pakai Kemeja Berlogo Asian Games 2018).

Advertisement

 Sebelumnya, dia mengabarkan bahwa berdasarkan perhitungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dampak ekonomi secara langsung dari Asian Games 2018 sebesar Rp 45,1 triliun. Perolehan itu dihitung dari sisi pengeluaran pengunjung, investasi infrastruktur pendukung, dan operasionalisasi acara, terhitung sejak persiapan pada 2015 hingga selama acara berlangsung mulai 18 Agustus 2018.

Dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di lndonesia diperkirakan mencapai Rp 3,6 triliun dengan komposisi 88 persen pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan. Selanjutnya, 4,67 persen pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen pengeluaran official, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan. 

Pengeluaran pengunjung, kata Erick, termasuk pembelian merchandise resmi Asian Games. “Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp 1,3 triliun rupiah,” kata Erick. (Baca juga: Jokowi Perintahkan Keamanan Terkendali saat Asian Games).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement