Masuk ke Platform Digital, Bulog Siapkan Investasi Rp 1 Miliar

Michael Reily
6 Juni 2018, 16:13
Beras Bulog
Arief Kamaludin | Katadata

Perum Bulog akan merambah  bisnis digital (e-commerce)  untuk mendukung penjualan bahan pokoknya hingga ke tangan konsumen. Untuk memuluskan rencana tersebut, Bulog mengaku telah menyiapkan dana Rp 1 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan sistem online, merekrut  tenaga kerja, membentuk situs belanja serta aplikasi transaksi.

Direktur Bulog Budi Waseso menyatakan penjualan digital memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok, tanpa harus pergi ke pasar. “Masyarakat tinggal pesan secara online dan pengiriman dilakukan langsung ke rumah pembeli,” kata Budi di Jakarta, Rabu (6/6).

Selain itu, pemasaran bahan pokok melalui platform online juga dinilai Budi memiliki kelebihan lain, yakni dapat memotong rantai pasok distribusi sehingga  bisa mengurangi kesempatan tengkulak dalam memainkan harga pasar dan menekan jumlah mafia yang ingin mendapat keuntungan.

(Baca : Gandeng TNI dan Polri, Bulog Gelar Operasi Pangan Murah)

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog Imam Subowo menjelaskan untuk menjangkau masyarakat agar lebih dekat, Bulog telah memiliki Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar 40 ribu titik di seluruh Indonesia. Fasilitas ini yang coba dioptimalkan Bulog sebagai  salah satu chanel distribusi dalam pengembangan sistem online. Dengan begitu, biaya distribusi atau pengiriman nantinya dapat ditekan. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...