Shopee Klaim Konsumen Berhemat Rp 1,2 Triliun dari Diskon Ramadan

Desy Setyowati
6 Juni 2018, 20:44
Shopee
ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Chief Executive Officer Shopee Chris Fang (tengah kiri), Head Of Operations Shopee Handhika Jahja (tengah kanan), Vice President Consumer Deposit Bank Mandiri Anki Tienannsari (kanan) dan aktor Gading Marten (kiri) meresmikan promosi aplikasi mobile belanja \"Shopee\" di Menara Mandiri, Jakarta, Selasa (26/9).

Perusahaan e-commerce Shopee mengklaim konsumen berhemat hingga Rp 1,2 triliun saat berbelanja di platform-nya selama Ramadan 2018. Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar menjelaskan, penghematan itu didapat dari berbagai program promosi yang ditawarkan menjelang lebaran.

"Kalau ditotal semua diskon, belanja di Shopee membuat orang berhemat Rp 1,2 triliun selama Ramadan 2018," kata dia saat acara buka puasa bersama di kantor baru Shopee di Pacific Century Place, Jakarta, Rabu (6/6).

Rezki mencontohkan, permainan Goyang Hujan Emas di aplikasi Shopee telah dimainkan oleh 8 juta pengunjung. Alhasil, total koin dan emas yang dibagikan hingga pekan ketiga Ramadan sudah mencapai Rp 7,8 miliar dari target Rp 10 miliar.

(Baca juga: Lazada Sebut Belanja Online Saat Ramadan Lebihi Harbolnas)

Rata-rata, ia mencatat transaksi pada Ramadan tahun ini naik hingga 500% dibanding tahun lalu. Jika pada Ramadan tahun lalu rekor transaksi tertinggi hanya 300 ribu per hari, tahun ini rekor tertinggi terjadi dua kali pada 28 Mei dan 4 Juni 2018, yang masing-masing bisa mencapai 1,5 juta transaksi per hari. "Ini yang tertinggi atau rekor selama Shopee berdiri," ujar Rezki.

Adapun produk kategori busana muslim, kecantikan, dan elektronik, transaksinya meningkat hingga tiga kali lipat selama pekan ketiga Ramadan. Sementara  jumlah kunjungan di Shopee tercatat mencapai 555 juta selama tiga pekan Ramadan ini.

Selain transaksi belanja, program sedekah yang dilakukan melalui Shopee nilainya sudah mencapai Rp 191 juta dan disumbang oleh 2.500 partisipan. Paket sedekah yang paling banyak diminati oleh pengguna adalah hidangan Ramadan anak dan alat sholat untuk anak.

(Baca juga: Promo Ramadan Bikin Tokopedia Lebih Ramai Ketimbang Instagram)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...