Jokowi: Yudi Latif Mundur dari BPIP Karena Urusan Keluarga

Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2018, 20:34
Jokowi
Intan | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi menjelasan alasan Yudi Latif mundur dari jabatan Ketua BPIP.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan pengunduran diri Yudi Latif sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dia mengatakan Yudi mundur karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Alasan dijelaskan dalam surat pengunduran diri Yudi yang disampaikan kepada Jokowi pagi tadi. Presiden memuji kinerja Yudi selama setahun terakhir, sejak pembentukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP) hingga perubahannya menjadi BPIP.

"Tadi disampaikan bahwa ada urusan pribadi dan keluarga yang lebih diperhatikan maka beliau mengundurkan diri," kata Jokowi usai berbuka puasa bersama di rumah dinas Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Jakarta, Jumat (8/6). (Baca: Mundur dari Kepala BPIP, Yudi Latif Soroti Anggaran dan Kewenangan)

Menurut Jokowi, Yudi merupakan sosok berintegritas dan telah menunjukkan kerja kerasnya selama membangun BPIP. Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut belum memutuskan siapa yang akan menggantikan posisi Yudi setelah pengunduran diri. "Wong baru tadi pagi, nanti (saja)," kata Jokowi.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang tersebar di media sosial, Yudi mengatakan mudur karena BPIP membutuhkan pemimpin-pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Perubahan UKP-PIP menjadi BPIP ikut memberikan perubahan pada struktur organisasi, peran dan fungsi lembaga, termasuk perubahan dalam hubungan antara Dewan Pengarah dan Pelaksana.

"Semuanya itu memerlukan tipe kecakapan, kepribadian serta perhatian dan tanggung jawab yang berbeda," ujarnya.

(Baca: Mahfud MD Sebut Hak Keuangan Pejabat BPIP Lebih Kecil dari Anggota DPR)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...