Target Tumbuh 15%, DHL Express Fokus Garap Segmen E-Commerce

Desy Setyowati
8 Juni 2018, 09:35
UKM Busana
Arief Kamaludin|KATADATA

Tren belanja online menarik perusahaan logistik untuk turut ceruk pasar. Tak mau kalah, DHL Express yang selama ini dikenal kuat pada jaringan logistik internasionalnya akan turut menggarap segmen pengiriman e-commerce lokal.

Saat ini, DHL Express telah memiliki layanan  khusus pengiriman barang e-commerce. Namun, Senior Technical Advisor untuk DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad mengatakan, porsi e-commerce terhadap volume pengiriman barang masih di bawah 10%.

Advertisement

"Namun potensinya besar. Maka kami fokus di e-commerce tahun ini," ujarnya saat acara buka puasa bersama di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Kamis (7/6).

Strategi itu, kata dia, merupakan salah satu langkah untuk mencapai pertumbuhan yang stabil di kisaran 5-15%. Tahun ini, perusahaan pun masih menargetkan pendapatan tumbuh di kisaran itu. Sayangnya, dia enggan menyebutkan marketplace mana saja yang sudah diajak kerja sama.

(Baca juga: Duet Pelni-Garuda Perluas Pengiriman Kargo)

Untuk bisa memaksimalkan potensi pengiriman barang e-commerce, DHL Express rajin berkolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung di asosiasi dan berjualan di marketplace di beberapa daerah. Di Bali misalnya, ia mencatat pertumbuhan pengiriman barang dari UMKM melalui online di wilayah itu mencapai sekitar 50-75% dibanding tahun lalu.

Yang menarik, produk yang paling banyak dikirim dari Bali adalah pakaian renang model bikini. "Paling banyak dikirim ke Eropa, Australia, dan Amerika Serikat (AS)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement