Terpilih Sebagai DK-PBB, Ini Fokus RI dalam Peningkatan Keamanan

Michael Reily
11 Juni 2018, 10:03
Retno Marsudi
Arief Kamaludin|KATADATA

Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) periode 2019-2020 dalam pemilihan tertutup yang dilakukan oleh di Markas Umum PBB, Amerika Serikat (AS). Sebagai wakil Asia dan Pasifik, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut akan  berfokus terhadap sejumlah isu perdamaian dalam perumusan kebijakan keamanan internasional.

“Global partnership yang kuat dalam menciptakan perdamaian, keamanan dan stabilitas akan berkontribusi pencapaian agenda pembangunan PBB 2030,” kata Retno dalam keterangan resmi dari New York, AS.

Retno juga  menjelaskan ada empat langkah yang akan menjadi fokus Indonesia dalam mendorong  peningkatan keamanan internasional.

Pertama, terkait penguatan ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Rencananya, Indonesia akan mendorong budaya dialog agar penyelesaian konflik dapat selalu dilakukan secara damai. Kedua, peningkatan sinergi antara organisasi kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian, serta optimalisasi peran perempuan.

Ketiga, pendekatan komprehensif global untuk melawan terorisme, radikalisme, dan ekstrimisme. Terakhir, kemitraan global agar tercapai sinergi antara penciptaan perdamaian dan kegiatan pembangunan berkelanjutan.

Retno juga menekankan isu Palestina akan menjadi perhatian Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap DK-PBB. Selain itu, Indonesia juga akan mengajak semua pihak untuk bekerja lebih efisien, efektif, dan akuntabel dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan dan perdamaian global.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...