Jembatan Kali Kuto Difungsikan, Jokowi Puji Waskita dan Jasa Marga

Ameidyo Daud Nasution
14 Juni 2018, 13:31
Jembatan Kalikuto
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di perbatasan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (13/6). Jembatan dengan panjang 160 meter dengan kekuatan penahan beban sekitar 16 ton tersebut aman untuk dilewati pengendara pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan Kali Kuto yang berada di ruas Tol Batang - Semarang Rabu (13/6) sore atau sejak H-2 menjelang perayaan Idul Fitri. Berfungsinya jembatan Kali Kuto mendapat sambutan baik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam laman Facebooknya, Jokowi berterima kasih kepada PT. Waskita Karya (Persero) dan PT. Jasa Marga (Persero) yang menyelesaikan pekerjaan fisik jembatan Kali Kuto.

"Dengan begitu, pemudik tujuan Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tidak perlu keluar di Gringsing, Batang," kata Jokowi, Rabu (14/6).

Basuki mengatakan jembatan ini melengkapi keberadaan tol Jakarta - Surabaya sepanjang 760 kilometer. Realisasi pembukaan jembatan ini juga sesuai dengan target. "Kalau tidak tersambung rasanya kurang lengkap," kata Basuki dalam keterangan pers Kementerian PUPR. 

(Baca juga: Puncak Arus Mudik pada Rabu, Jakarta-Cikampek Macet Panjang)

Basuki kemarin menjajal jembatan sepanjang 164 meter ini dengan menggunakan truk berbobot 16 ton. Dia juga menyebut pada Senin (18/6) besok jembatan dengan jalur ke Jakarta akan dioperasikan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...