Sponsor Piala Dunia 2018 Dikuasai Tujuh Perusahaan Tiongkok

Image title
Oleh Ekarina
20 Juni 2018, 17:16
Stadion Saint Pittersburg menjadi salah satu lokasi perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia
fifaworldcup / Instagram
Stadion Saint Pittersburg menjadi salah satu lokasi perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia

Tujuh perusahaan Tiongkok maju sebagai sponsor Piala Dunia 2018 yang digelar pada 14 Juni-15 Juli 2018 di Rusia. Ketujuh negara tersebut diperkirakan telah menghabiskan dana sebesar US$ 835 juta atau sekitar Rp 11,7 triliun untuk mensponsori ajang sepak bola bergengsi empat tahunan itu, atau sekitar dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan belanja sponsor yang dihabiskan perusahaan Amerika Serikat (AS).

Dari 34 slot sponsor yang ditawarkan untuk turnamen Piala Dunia 2018, ada 19 slot sponsor yang terisi.  Dari jumlah slot sponsor yang terisi,  tujuh di antaranya terdiri dari  perusahaan Tiongkok.

Advertisement

Menurut Yicai.com, seperti yang dilansir dari laman Forbes, Selasa (19/6) mengungkapkan tujuh perusaan Tiongkok itu antara lain terdiri dari perusahaan konglomerasi properti dan hiburan Dalian Wanda Group, perusahaan telepon seluler Vivo Communication Technology, perusahaan elektronik Hisense Group, perusahaan susu Mengniu Dairy, perusahaan skuter listrik Yadea Technology Group, Zhidianyijing Virtual Reality Technology dan Diking China.

Sejumlah alasan disebut melatari masuknya perusahaan Tiongkok ke ajang Piala Dunia, salah satunya karena event tersebut dinilai tepat dan efektif untuk mendukung kampanye pemasaran secara global. Terlebih perusahaan Tiongkok saat ini tengah mengkampanyekan produk "made in China" di pasar dunia dan bersaing ketat dengan sejumlah merek eksisting yang telah ada sebelumnya dari AS, Jepang serta Eropa.

Masuknya perusahaan Tiongkok, yang dipimpin oleh pengembang properti The Wanda Group sebagai satu dari tujuh mitra Piala Dunia 2018, merupakan yang pertama kali dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Besarnya investasi perusahaan Tiongkok ini, sekaligus menyelamatkan penurunan pendapatan sponsor Piala Dunia yang jatuh pada musim panas ini. Laporan World Football Sport Nielsen 2018 menunjukan, pendapatan sponsor Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) untuk periode 2015-2018 mencapai US$ 1,45 miliar, turun dari periode 2011-2014 sebesar US$ 1,62 miliar, termasuk untuk gelaran Piala Dunia di Brazil 2014.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement