Belum Final, Pengaduan Masalah THR Sudah Melampaui Tahun Lalu

Image title
21 Juni 2018, 15:39
Investasi Padat Karya Untuk Penyerapan Tenaga Kerja Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktifitas pekerja Pabrik Sepatu

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali membuka Posko Peduli Lebaran yang menerima pengaduan pekerja terkait masalah pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR). Tahun ini posko tersebut menerima pengaduan lebih banyak dari tahun lalu.

Posko ini dibuka sejak 28 Mei sampai 22 Juni besok. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan posko ini masih berjalan dan belum ditutup. Makanya, dia belum bisa mengetahui berapa banyak jumlah pasti pengaduan yang telah masuk ke posko tersebut hingga hari ini. 

Advertisement

Dia hanya menyebutkan hingga Sabtu (17/6) pekan lalu, posko ini telah menerima 396 pengaduan terkait pemberian THR pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah. "Kan baru masuk hari pertama (kerja), belum meng-update tanggal 18-22 Juni. Nanti akan kami update lagi," katanya di Kantor Kemenaker, Jakarta.

Kasubdit Pengawasan Norma Waktu Kerja, Waktu Istirahat, dan Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Kesehatan, Keselamatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan FX Watratan mengatakan jumlah pengaduan yang masuk, lebih besar dari tahun lalu.

Laporan yang masuk hingga pekan lalu sudah meningkat 64,3 persen dibandingkan jumlah pengaduan tahun lalu yang hanya 241 pengaduan. Jumlah ini masih akan bertambah, karena datanya belum final dan poskonya pun belum ditutup.

(Baca: Buka Posko Pengaduan THR, Kemenaker Terima Ribuan Laporan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement