Antisipasi Perang Dagang, Jokowi Siapkan Insentif Bagi Industri

Ameidyo Daud Nasution
9 Juli 2018, 17:13
Jokowi
Intan | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas

Ancaman perang dagang dunia yang dilancarkan beberapa negara membuat Presiden Joko Widodo mengambil sejumlah langkah. Langkah tersebut dirumuskan setelah rapat terbatas internal yang berlangsung kurang lebih empat setengah jam di Istana Bogor.

Usai rapat, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pembahasan rapat tersebut untuk mencari cara meningkatkan ekspor dan mengoptimalkan impor. Selain itu pengembangan industri substitusi impor juga akan menjadi fokus pemerintah dalam mengantisipasi perang dagang dunia.

"Ini juga memberi ketenteraman kepada industri nasional atau pengusaha agar iklim investasi dijaga," kata Airlangga di Istana Bogor, Senin (9/7). (Baca: Jokowi Rapatkan Kabinetnya Antisipasi Ancaman Perang Dagang Trump)

Beberapa upaya yang akan dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan fasilitas bea masuk dan bea keluar. Fasilitas ini diberikan agar industri memiliki daya saing dalam mengekspor produknya. Salah satu insentif yang akan diberikan adalah bagi industri yang ingin merelokasi pabriknya ke wilayah padat karya lain.

Selain itu untuk memacu ekspor furnitur, pemberian subsidi sertifikat SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) bagi komoditas dasar kayu. Airlangga juga mengatakan pihaknya sedang mengkaji kemampuan industri nasional untuk dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dalam produksinya.

"Termasuk korporasi-korporasi di Tuban yang bisa menyediakan petrokimia maupun Bahan Bakar Minyak," ujarnya. (Baca: Ancaman Penghapusan Bea Masuk Impor AS Tak Berdampak Signifikan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...