Kalah di Pengadilan, Dua Vendor Kembali Gugat Utang Meikarta

Dimas Jarot Bayu
9 Juli 2018, 14:38
Meikarta
Arief Kamaludin|KATADATA
Lokasi lahan properti Meikarta.

Dua perusahaan, PT Relys Trans Logistics (RLT) dan PT Imperia Cipta Kreasi (ICK), kalah dalam perkara Penundaan Kewajiban Penundaan Utang (PKPU) menggugat pengembang megaproyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU). Meski kalah, dua vendor event organizer itu kembali mendaftarkan permohonan yang sama ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Permohonan PKPU itu didaftarkan kembali pada Kamis (5/7) dengan register 91/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Jkt.Pst. Pada hari yang sama, gugatan dua vendor periklanan ditolak lantaran perkara dianggap tak sederhana lagi sebagaimana Pasal 8 ayat 4 Undang-undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU.

Hakim Ketua Agustinus Setya Wahyu Triwiranto dalam pertimbangan sebelumnya menolak PKPU karena perkara tersebut tengah diproses hukum di Polres Metro Bekasi dan Polda Metro Jaya. MSU melaporkan perkara tersebut ke polisi dengan sangkaan pemalsuan surat, penipuan, serta pencemaran nama baik.

"Kami sudah ajukan PKPU lagi. Pokoknya jangan berpikir kami berhenti," kata kuasa hukum RTL dan ICK, Tommy Sihotang ketika dihubungi Katadata.co.id.

(Baca juga: Pengembang Meikarta Lolos dari Gugatan PKPU)

Direktur ICK Herman mengatakan tak akan menyerah menagih utang karena mengklaim berhak menerimanya. Utang tersebut dianggap bagian dari gelaran pameran promosi Meikarta selama tiga bulan. Sejak Oktober hingga Desember 2017, ICK melakukan pameran di empat lokasi, yakni Lippo Plaza Jember, Lippo Plaza Sidoarjo, Malang Town Square, serta Central Park Meikarta.

Dari pameran di empat lokasi tersebut, ICK mengklaim menggelontorkan dana sekitar Rp 20,4 miliar. Namun, MSU baru membayarkan Rp 2,468 miliar sebagai ijon dari perjanjian kerja. Sehingga, masih ada kekurangan yang ditanggung ICK sebesar Rp 17,53 miliar.

Sementara, RTL telah mengeluarkan biaya untuk promosi pada Agustus 2017 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Bandung, dan Bali sebesar 30,49 miliar. Kendati, MSU baru membayarkan Rp 13,52 miliar. Sehingga, total kekurangan pembayaran sebesar Rp 16,97 miliar.

Alasan penagihan tersebut diperkuat niatan membayar mitra vendor asal Surabaya yang diajak ICK bermitra di Jember, Sidoarjo, dan Malang. Menurut Herman, perusahaannya tak mungkin bekerja sendiri di ketiga daerah tersebut lantaran berpusat di Jakarta.

Karenanya, ICK meminta vendor lokal untuk menyediakan berbagai logistik serta tenaga kerja di sana. Akibat belum dibayar MSU, Herman menyatakan masih memiliki utang kepada vendor tersebut.

"Kalau saya boleh jujur mereka juga belum sepenuhnya lunas, kami talangi. Kami kan juga kasih DP (Down Payment) ke mereka buat jalan, tapi pelunasannya juga mandek," kata Herman di Jakarta, Jumat (6/7).

(Baca juga: Buntut Tagihan Miliaran, Meikarta Laporkan Dua Vendor ke Kepolisian)

Sangkal tuduhan pemalsuan

Herman berpandangan MSU tak punya alasan menunda membayarkan utang. Dia pun menyangkal tuduhan pemalsuan dokumen dan penipuan yang dijadikan dasar MSU tak membayar utang dan melaporkan kepada Kepolisian. Tuduhan itu sempat dialamatkan MSU melihat banyak kejanggalan dalam pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK) dengan RTL dan ICK.

Herman mengatakan, sebenarnya sejak awal perjanjian tak pernah ada pembuatan SPK antara ICK dan MSU. Perjanjian kerja hanya berlandaskan pada dokumen persetujuan rencana anggaran biaya (cost approval) terhadap empat kegiatan promosi yang telah ditandatangani manajemen Meikarta pada Oktober 2017.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...