Jokowi Kantongi Lima Cawapres, Prabowo Timbang Delapan Kandidat

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
11 Juli 2018, 19:45
Jokowi Prabowo
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
Presiden Joko Widodo mendapat cindera mata dari Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto di Denpasar, Bali, Kamis (8/12/2016).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan daftar calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2019 sudah mengerucut menjadi lima dari sepuluh orang. Sementara itu, penantangnya, Ketua Umum Prabowo Subianto dalam tahap menyeleksi delapan cawapres.

Jokowi mengatakan proses seleksi cawapres tersebut melibatkan para partai politik pengusung. Dia akan mengumumkan paling tidak dalam rentang seminggu hingga tiga minggu mendatang atau menjelang pendaftaran capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018.

"Biar matang dulu, nanti kami akan sampaikan pada waktu yang tepat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7). (Baca juga: Golkar Klaim Tak Terlibat Usulan Cawapres Jokowi dari Megawati)

Jokowi masih enggan menyebutkan nama-nama yang masuk daftar cawapres. Namun, dia menyatakan calon tersebut bisa saja berasal dari partai atau non-partai. Selain itu latar belakang cawapres dapat berasal dari profesional hingga Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

"Ini baru proses digodok. Airnya masih nunggu panas sampai mendidih biar segera matang," kata Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Katadata.co.id, terdapat beberapa nama yang masuk daftar pendek cawapres Jokowi di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Gubernur Nusa Tenggara Barat M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, dan Ketua Partai Golkar Airlangga Hartato.

(Baca juga: Cak Imin Disebut Tak Masuk Daftar Cawapres Jokowi, Apa Langkah PKB?)

Adapun Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto telah mengerucutkan delapan nama yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2019. Ketua DPP Gerindra Riza Patria mengatakan kedelapan nama yang sedang dipertimbangkan tersebut, yakni eks Gubernur Jawa Barat sekaligus politisi PKS Ahmad Heryawan, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Kemudian, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemilu Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Lalu, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, serta bos CT Corp Chairul Tanjung.

"Ini nama yang sedang kami rundingkan bersama," kata Riza.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...