Pelari Asal NTB Raih Medali Emas di Kejuaraan Atletik Dunia

Michael Reily
Oleh Michael Reily - Ameidyo Daud Nasution
12 Juli 2018, 14:20
Lalu Muhammad Zahri
ANTARA FOTO/REUTERS/Lehtikuva
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri meluapkan kegembiraannya seusai berhasil menjadi yang tercepat pada nomor lari 100 meter pada ajang IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7). Zohri berhasil meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat 10,18 detik, diikuti dua pelari AS Anthony Schwartz (10,22 detik) dan Eric Harrison (10,22 detik).

Pelari Indonesia asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas dalam lomba lari 100 meter putra dalam Kejuaraan Dunia U-20 International Associations of Athletic Federation (IAAF) di Tampere, Finlandia. Zohri berhasil menjadi pelari 100 meter tercepat dengan catatan waktu 10,18 detik, mengalahkan dua pelari Amerika Serikat (AS) yang berlari secepat 10,22 detik.

Secara bersamaan, Zohri juga berhasil mencatatkan rekor pribadi tercepat dan juga waktu terbaik dalam catatan junior pelari Indonesia. Rekornya pun hanya kalah dari rekor nasional milik Surya Agung Wibowo dengan catatan lari 100 meter dalam waktu 10,17 detik.

Advertisement

Atas capaian rekornya itu, Zohri menyatakan kegembiraannya. "Saya sangat bangga, ini adalah pengalaman yang hebat dan capaian bagus untuk karir saya," kata Zohri seperti dikutip dalam situs resmi IAAF, Kamis (12/7).

(Baca : Tahap Akhir Menuju Asian Games 2018)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kemenangan Zohri. Dia senang ada anak bangsa yang akhirnya menjadi juara  lomba lari 100 meter putra dalam Kejuaraan Dunia U-20 yang pertama kalinya. 

Presiden juga mengatakan kemenangan Zohri ini merupakan modal Indonesia untuk menapaki Asian Games 2018 Agustus mendatang.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement