East Ventures Suntik Modal Rp 17,1 Miliar ke Platform Jual Beli Motor

Desy Setyowati
13 Juli 2018, 10:28
motor yamaha
Arief Kamaludin|Katadata

Perusahaan modal ventura, East Ventures mengumumkan pendanaan senilai US$ 1,2 juta atau Rp 17,1 miliar kepada platform penjualan motor online, Moladin. Selain East Ventures, Berjaya Group dan Ethos Partners turut dalam putaran pendanaan ini.

Moladin akan menggunakan tambahan modal ini untuk memperluas cakupan bisnisnya ke seluruh nusantara. "Kami percaya model bisnis mereka akan mendominasi pasar karena semakin banyak orang yang nyaman membeli sepeda motor secara digital," kata Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam siaran pers yang diterima Katadata, Kamis (12/7).

Adapun Moladin bermitra dengan lebih dari 40 dealer dan beberapa perusahaan leasing besar di Indonesia, sejak diluncurkan pada November 2017. Penjualan Moladin tumbuh 20-30% setiap bulannya, dengan total nilai transaksi lebih dari US$ 1 juta atau Rp 14,3 miliar. 

(Baca juga: Modal Ventura Milik Telkom Danai Startup Asal Singapura)

Menurut Wilson, realisasi ini menunjukkan kepercayaan pelanggan yang terus meningkat. "Kami melihat volume penjualan Moladin meningkat tiga kali lipat, sejak Januari hingga Mei 2018. Masih banyak ruang untuk bertumbuh di industri sepeda motor," ujarnya.

Co-Founder Moladin Jovin Hoon menyampaikan, pendirian usaha ini berangkat dari kesulitan konsumen membeli motor. Ia mencatat, rata-rata konsumen berkunjung dua hingga tiga kali ke dealer sebagai bagian dari proses pembelian motor. Transaksi pembayaran hingga registrasi nomor plat juga memakan waktu.

Selain memangkas proses pembelian motor, Moladin berstrategi dengan memberikan potongan harga. Menurutnya, kedua hal ini membantu Moladin tumbuh pesat. “Pertumbuhan cepat kami menunjukkan validasi yang kuat atas apa yang kami sedang bangun. Kami bersemangat dengan perjalanan kami ke depan untuk terus mengembangkan Moladin," ujarnya. 

(Baca juga: Sociolla Kantongi Pendanaan Rp 168 Miliar dari EV Growth)

Untuk mendirikan Moladin, Jovin dibantu oleh Mario Tanamas. Keduanya memiliki visi yang sama yakni memudahkan konsumen untuk membeli motor tanpa harus datang ke setiap dealer. Oleh karenanya, Moladin melengkapi diri dengan berbagai fitur yang membantu para bikers seperti direktori bengkel, forum diskusi, serta ulasan suku cadang dan apparel.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...