Beda dengan Jakarta, Ojek Online Tak Parkir Liar di Stasiun Depok Baru

Desy Setyowati
18 Juli 2018, 07:00
Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru
Katadata/Desy Setyowati
Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru, Selasa (17/8).

Keberadaan parkir liar ojek online menjadi masalah di Jakarta. Pada beberapa stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) seperti Palmerah atau Kebayoran Lama, deretan motor ojek online yang parkir di badan jalan kerap menimbulkan kemacetan. Pemandangan serupa juga kerap dijumpai di dekat pusat keramaian, seperti pasar, mal, hingga kompleks sekolah.

Toh, masalah itu bukan tanpa jalan keluar. Berada di satelit Ibu Kota, Stasiun Depok Baru punya shelter ojek online yang dibangun secara mandiri. "Kami buat shelter atas izin dan bantuan warga," kata Anes, seorang pengemudi Go-Jek yang merupakan anggota salah satu komunitas inisiator Shelter Ojek Online Stasiun Depok, Selasa (17/7).

Menurutnya, shelter itu dibangun pada Februari 2018 lalu pada lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Berada di sisi barat stasiun, shelter tersebut mampu menampung hingga 100 motor. Ada sekitar 2 ribu pengemudi ojek online yang tercatat menggunakan shelter tersebut. Sebanyak 1.700 di antaranya merupakan anggota 65 komunitas yang tergabung dalam keluarga besar pengemudi ojek online Stasiun Depok Baru.

Berbagai fasilitas tersedia di sana. Area tunggu penumpang dilengkapi atap dan kursi, stop kontak untuk pengisian baterai ponsel, tempat ibadah, toilet, hingga bangku dan amben agar pengemudi ojek online bisa beristirahat. Di dalam shelter juga tersedia warung makan.

(Baca: Go-Jek dan Grab Diminta Bekukan Akun Pengemudi yang Parkir Liar)

Untuk menggunakan shelter ini, pengemudi ojek online dikenakan Rp 2 ribu untuk sehari penuh. Sementara untuk anggota tetap, biaya yang dikenakan hanya Rp 15 ribu per bulan. Uang ini akan dikelola oleh pengurus yang terdiri dari perwakilan komunitas ojek online dan warga RW 13, RW 19, dan  RW 2 Kelurahan Depok yang mendukung pembangunan shelter.

Henny, salah seorang penumpang Go-Jek yang menunggu di shelter tersebut pun senang karena tak perlu berjalan jauh untuk mendapat layanan ojek online. Ia berharap, shelter serupa dibangun di stasiun-stasiun lainnya dan pusat perbelanjaan guna memudahkan konsumen ojek online. "Tidak panas. Pesan mudah," ujar Anes.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...