Usul Kemenhub Agar Pengemudi Ojek Online Tak Demo Saat Asian Games

Desy Setyowati
18 Juli 2018, 20:42
demonstrasi ojek online
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah pengemudi ojek berdemo di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3/2018)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta agar Go-Jek dan Grab memberikan insentif bagi mitra pengemudinya untuk mencegah unjuk rasa. Sebelumnya, pengemudi ojek online mengancam akan berunjuk rasa saat pembukaan Asian Games.

"Apa salahnya memberikan reward atau program khusus k e pengemudi saat Agustus 2018," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiadi di kantornya, Jakarta, Rabu (18/7).

Usulan untuk meningkatkan pendapatan pengemudi ini sudah ia sampaikan kepada aplikator baik Go-Jek ataupun Grab, pekan lalu. Sementara, pemerintah dan aplikator juga memikirkan langkah untuk menyediakan payung hukum bagi kendaraan roda dua sebagai angkutan umum.

"Grab belum beri jawaban ke saya. Go-Jek sudah sampaikan akan memikirkan (usulan reward atau program khusus) itu. Semoga mereka melakukan itu," kata Budi. Hanya, hingga laporan ini diturunkan, kedua aplikator menolak berkomentar.

Menurutnya, penyelenggaraan Asia Games 2018 sangat bergantung dari peran serta masyarakat. Budi berharap, pengemudi ojek online mengedepankan rasa nasionalisme dan mau menciptakan suasana yang nyaman bagi atlet dan pendukung dari 40 negara peserta. Banyaknya wisatawan yang datang, dinilainya menjadi peluang tambahan pendapatan bagi pengemudi ojek online.

(Baca juga: Tuntutan Ribuan Pengendara Ojek Online dari Tarif Hingga Regulasi)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...