Darmin Dukung Langkah Baru BI untuk Menarik Dana Investor Asing

Rizky Alika
20 Juli 2018, 19:56
Infografik Raksasa
Donang Wahyu|KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Pemerintah mendukung rencana Bank Indonesia untuk menghidupkan kembali instrumen Sertifikat Bank Indonesia (SBI) bertenor 9 dan 12 bulan. Langkah baru bank sentral tersebut dinilai dapat menarik investor asing untuk menaruh dananya di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan gejolak naik-turun atau volatilitas SBI tidak terlalu tinggi. “Tidak usah terlalu takut kalau orang mau jual SBI, jual saja. SBI itu sebagai tambahan alternatif saja,” kata Darmin di Jakarta, Jumat (20/7). 

Advertisement

(Baca juga: Jaga Rupiah, Pemerintah Perlu Perpanjang Masa Tahan Obligasi Negara).

Karena itu, dia tidak khawatir reaktivasi SBI ini akan menghantam stabilitas rupiah meskipun merupakan instrumen jangka pendek. Seperti diketahui, Kamis kemarin, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan akan mengaktifkan kembali SBI sebagai instrumen penarik dana asing yang lebih likuid yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Menurut Darmin, saat menjabat Gubernur BI pada 2010 hingga 2013, dia memang mulai mengurangi penerbitan SBI secara bertahap. Saat itu, masih ada instrumen alternatif lain seperti Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI) yang tidak likuid layaknya SBI.

Namun, kondisi saat ini tidaklah sama seperti ketika dia memimpin bank sentral tersebut. Sekarang ada ruang bagi pemilik dana supaya masuk BI. “BI dicoba untuk menyediakan instrumen investasi lebih banyak,” ujarnya. (Baca juga: Investor Serbu Surat Berharga AS, Rupiah Melemah Nyaris 14.200 per US$).

Meskipun pemerintah memiliki instrumen lain berupa Surat Berharga Negara (SBN), SBI memiliki tenor hingga yield yang lebih sederhana. Oleh karena itu, Darmin memperkirakan tidak banyak dampak buruk dengan adanya penerbitan SBI.

Sementar itu, Direktur Surat Utang Negara (SUN) Loto Srinaita Ginting juga menegaskan bahwa SBI hanya salah satu alternatif instrumen sehingga tidak mengganggu stabilitas nilai tukar rupiah yang saat ini sedang melemah terhadap dolar Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement