Pertamina Akan Bentuk Perusahaan Baru Urus Bisnis Hilir di Luar Negeri

Anggita Rezki Amelia
20 Juli 2018, 21:13
Depot LPG Pertamina
Arief Kamaludin | Katadata
ilustrasi Pertamina.

PT Pertamina (Persero) sedang menyiapkan anak perusahaan baru untuk mengurusi bisnis hilir minyak dan gas bumi (migas) di luar negeri. Perusahaan itu rencananya bernama PT Pertamina Downstream.

Saham anak perusahaan baru ini nantinya akan dimiliki 100% Pertamina. “Untuk pengembangan bisnis downstream di overseas,” Direktur Perencanaan Investasi & Manajemen Risiko Pertamina, Gigih Prakoso kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (20/7).

Advertisement

Salah satu tugas dari PT Pertamina Downstream adalah mengurus masalah pemasaran bisnis Pertamina di luar negeri. Mengenai rincian bisnisnya masih belum bisa dipublikan secara detail.

Pertamina memang gencar melakukan pembentukan anak usaha baru beberapa tahun belakangan ini. Pada 28 Desember 2015 Perusahaan pelat merah ini telah membentuk anak usaha baru yakni PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI).

Pertamina Hulu Indonesia nantinya akan menangani beberapa blok migas yang kontraknya berakhir dan diserahkan ke induk perusahaan. Salah satunya adalah Blok Mahakam yang dikelola anak usaha PHI, yakni PT Pertamina Hulu Mahakam.

Tak hanya itu Pertamina juga belakangan membentuk anak usaha baru lain yang fokus di kilang, yakni PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). Anak usaha ini dibentuk PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Dana Ventura (PDV) pada 13 November 2017 lalu. Dengan pembentukan KPI, maka seluruh proyek kilang Pertamina ditangani oleh satu anak usaha tersebut.

(Baca: Bos Pertamina Sebut Isu Penjualan Aset Salah Pengertian)

Sementara itu, tahun ini Pertamina menganggarkan investasi sekitar US$ 5,6 miliar. “Rencana investasi tahun 2018 tidak kami pangkas karena sudah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan sudah siap pendanaannya. Jadi sudah menjadi komitment dan harus dilaksanakan,” ujar Gigih.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement