Bekraf Kirim 8 Merek Kriya Ikut Pameran di New York

Desy Setyowati
1 Agustus 2018, 19:29
UMKM Kreatif
Arief Kamaludin|Katadata

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal mengirim 8 merek kriya untuk mengikuti pameran dagang internasional New York Now di Amerika Serikat (AS) pada 12-15 Agustus 2018. Merek tersebut di antaranya Sackai Bags, Siji, Kana Goods, Noesa, Kayou, Pala Nusantara, Jenggala, dan Indo Risakti.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyatakan, kegiatan promosi ke luar negeri harus ditempuh untuk mempertahankan pertumbuhan ekspor kriya di kisaran 7% per tahun. Menurutnya, AS adalah pasar potensial bagi produk kriya Tanah Air. Maka, ini adalah kali ketiga Bekraf mengirim delegasi ke New York.

"Ada yang dapat pesanan tujuh kontainer usai pameran di sana (New York Now)," kata dalam konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (1/8).

Hanya, sebagian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor industri kreatif masih kesulitan mendapat kredit untuk meningkatkan skala bisnisnya. Survei Bekraf bersama Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, hanya 24,4% pelaku usaha kreatif yang bisa mengakses modal perbankan. "Kalau mau kontribusinya ke ekonomi besar, harus ditingkatkan skala bisnisnya," ujar Triawan.

(Baca juga: Bekraf Boyong 14 Merek Fesyen Cari Mitra dan Investor di Singapura)

Adapun ekspor produk subsektor kriya mencapai Rp 142 triliun atau 15,7% terhadap total ekspor industri kreatif yang senilai Rp 382 triliun pada 2016.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...