Gandeng PLN untuk Aliri Listrik ke Kilang, Pertamina Hemat Rp 2,79 T

Anggita Rezki Amelia
3 Agustus 2018, 15:20
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) akhirnya menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) untuk mengaliri listrik ke lima kilang minyak. Sinergi dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini membuat Pertamina hemat Rp 2,79 triliun.

Direktur Pengolahan Pertamina Budi Santoso Syarif mengatakan selama ini perusahaannya mengalirkan listrik ke kilang menggunakan pembangkit sendiri. Ini tidak efisien karena butuh Bahan Bakar Minyak (BBM).

Advertisement

Namun, dengan menggandeng PLN, Pertamina tidak lagi harus menanggung beban bahan bakar. "Total beban listrik di seluruh kilang dipasok oleh PLN.  Ini berpotensi menghasilkan penghematan di lingkungan kilang. Jumlahnya sangat signifikan setiap tahun, " kata Budi di Jakarta, Jumat (3/8).

Nantinya PLN akan mengaliri listrik ke kilang minyak di Dumai,  Plaju,  Balongan,  Cilacap dan Balikpapan.  Kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang diteken hari ini (3/8).  

Proyeksi kebutuhan total daya listrik yang akan digunakan kilang-kilang minyak itu sebesar 217 (Mega Volt Ampere) MVA. Akan tetapi ada potensi peningkatan 104 MVA.

Menurut Budi,  kilang  minyak tersebut membutuhkan pasokan listrik yang besar dan stabil. Pasokan dari PLN itu diharapkan bisa membuat operasional kilang stabil.

Ini karena jika pasokan listrik tersendat, operasional kilang juga tidak optimal. “Kami berharap tidak ada total shutdown, "ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement