Empat Proyek Energi Bersih Denmark di Jawa Tengah Siap Beroperasi

Arnold Sirait
8 Agustus 2018, 20:35
PLTS di Karimunjawa
Azaria Laras |KATADATA

Pemerintah Denmark dan Indonesia terus meningkatkan kerja sama dalam pengelolaan energi bersih. Tujuannya, meningkatkan elektrifikasi dengan tetap menjaga lingkungan. Alhasil, bisa mengurangi dampak perubahan iklim. 

Kerja sama antara Denmark dan Indonesia tertuang dalam Environmental Support Programme Phase 3 (ESP3). Dalam pengerjaannya, ESP3 di bawah Danish International Development Agency (DANIDA), bekerja sama dengan tiga Kementerian di Indonesia yakni Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Advertisement

Provincial Programme Officer Muhammad Nurhadi mengatakan ESP3 ini telah berlangsung sejak 2013 dan akan berakhir pada tahun 2018 ini. “Prosesnya sudah dalam tahap running, sudah 90%,” kata dia, di Semarang (6/8).

Setidaknya ada beberapa hal yang mendorong program ini dilakukan. Pertama, adalah peningkatan rasio elektrifikasi. Kemudian, adanya komtimen menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 41%.

Ketiga, membantu Indonesia mewujudkan komitmen penggunaan energi baru terbarukan menjadi 23% dari seluruh konsumsi energi sebelum tahun 2025. “Salah satu concern ESP3 adalah membuat program yang berkelanjutan dan bisa dicontoh,” ujar Provincial Programme Advisor ESP3, Ian Rowland.

Adapun Provinsi Jawa Tengah terpilih menjadi tempat proyek percontohan energi bersih ESP3. Total investasinya mencapai Rp 180 miliar. Semuanya merupakan hibah dari Denmark di Indonesia.

Empat proyek itu berada di Semarang, Karimunjawa, Cilacap dan Klaten. Perinciannya sebagai berikut:

LokasiBentukNilai (Rp)KapasitasPenggunaPenurunan Emisi Gas Rumah Kaca CO2e/tahunManfaat lain
SemarangPembangkit listrik tenaga gas metana di TPA Jatibarang71 miliar8 KWPLN5500Mencegah pencemaran di TPA
KarimunjawaPLTS di Pulau Parang, Pulau Genting, dan Pulau Nyamuk16 miliar182 KWp645 rumah tangga3200Pasokan listrik stabil 24 jam sehari
CilacapPengolahan refuse-derived fuel di TPA Cilacap menjadi bahan bakar pembuat semen86 miliar120 ton/hariPabrik semen19000Mengurangi penumpukan sampah di TPA, menggantikan batu bara sebagai bahan bakar
KlatenPengolahan limbah tepung aren menjadi energi biogas16 miliar135 m2/hari650 rumah tangga580Mencegah pencemaran air

Dari empat proyek itu yang sudah uji coba produksi adalah PLTS di Karimunjawa. Pengelolaan pembangkit listrik ini akan dialihkan ke pemerintah daerah September 2018.

Kemudian proyek di Jatibarang akan beroperasi September dan dialihkan November 2018. Proyek pengolahan sampah di Cilacap beroperasi akhir Oktober dan diserahkan ke pemerintah daerah Desember 2018. Adapun pengolahan limbah tepung aren di Klaten ditargetkan beroperasi Desember. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement