Pilpres 2019, Pasar Modal Kebal terhadap Dinamika Politik

Image title
10 Agustus 2018, 16:17
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kedua kanan) dan sejumlah petinggi partai memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8) malam.

Kontestasi politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dinilai tidak berdampak terhadap perdagangan di pasar modal.

Perbincangan terkait pemilihan presiden (pilpres) memanas terutama sepekan terakhir. Deklarasi pencalonan yang dilakukan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tadi malam, (9/10), membuat politik menjadi buah bibir.

Analis Kresna Securities William Mahmudi berpendapat bahwa secercah titik terang soal kandidat capres-cawapres tidak berpengaruh besar terhadap pasar. Tapi, kepastian tentang siapa saja yang akan ‘bertarung’ tetap dibutuhkan pelaku pasar.

Sekalipun muncul sentimen pascadeklarasi Prabowo-Sandiaga diperkirakan hanya bertahan sampai hari ini atau paling lama awal pekan depan. “Ini bisa memberikan sentiman positif untuk jangka pendek,” ujarnya kepada Katadata, Jumat (10/8).

Analis Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe juga tak mendapati adanya imbas dinamika politik kepada pergerakan indeks saham. Hal ini karena pergerakan indeks lebih dipengaruhi fundamental ekonomi. "Saya tidak melihat sisi politik dari IHSG," katanya saat dihubungi Katadata secara terpisah.

Berdasarkan laman daring IDX diketahui bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan kemarin (9/8) berada di level 6.065,26, sedangkan pada hari ini (10/8) dibuka menguat pada 6.084,80.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi juga mengutarakan bahwa tak ada dampak memanasnya kontestasi politik terhadap indeks saham. “Masyarakat sudah mengerti indeks, mana hal yang mempengaruhi dan mana yang tidak,” tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...