Di Sidang Tahunan, Ketua MPR Soroti Gejolak Harga Bahan Pangan

Dimas Jarot Bayu
16 Agustus 2018, 12:43
Sidang Tahunan DPR 2018
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Jokowi saat membacakan pidato dalam Sidang Tahunan MPR/DPR dan DPD, di kompleks parlemen, Kamis (16/8/2018)

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menilai saat ini kesenjangan ekonomi menjadi tantangan perekonomian yang membutuhkan terobosan kebijakan dari pemerintah. Zulkifli mensyukuri jika rasio gini saat ini telah menurun dari 0,41 menjadi 0,39.

Meski demikian, dia menilai hal tersebut terjadi lebih disebabkan turunnya pendapatan masyarakat kelas atas ketimbang kenaikan dari masyarakat kelas bawah. Zulkifli menilai golongan miskin dan hampir miskin masih sangat besar jumlahnya.

"Golongan ini sangat rentan terhadap perubahan harga," kata Zulkifli dalam Sidang Tahunan MPR 2018 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

(Baca juga: Jokowi Sebut Empat Tahun Kepemimpinannya Tak Hanya Fokus Infrastruktur)

Zulkifli menilai pemerintah perlu menjaga stabilitas harga barang-barang kebutuhan rumah tangga, agar daya beli masyarakat kelas bawah tak semakin tergerus.

"Bapak Presiden ini titipan emak-emak, titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau," kata Zulkifli.

Tak hanya itu, Zulkifli juga menilai tantangan pemerintah dalam perekonomian juga terkait masalah stabilitas dan defisit transaksi berjalan. Guna mengatasi masalah tersebut, Zulkifli menjelaskan pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro perlu terus dikembangkan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...