Jokowi Sebut Empat Tahun Kepemimpinannya Tak Hanya Fokus Infrastruktur

Dimas Jarot Bayu
16 Agustus 2018, 11:14
Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2018
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut fokus perhatian pemerintah dalam empat tahun terakhir bukan hanya pembangunan infrastruktur. Menurut Jokowi, pemerintah juga berupaya mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

Jokowi menilai membangun sumber daya manusia merupakan investasi Indonesia menghadapi masa depan. Jumlah penduduk sebesar 260 juta jiwa merupakan modal terbesar dan terkuat yang dimiliki Indonesia.

"Kami persiapkan manusia Indonesia menjadi manusia yang unggul sejak dalam masa kandungan sampai tumbuh secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2018 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

(Baca juga: Sidang MPR, Zulkifli Hasan Sebut Cak Imin Jadi Cawapres Jokowi)

Untuk itu, Jokowi memastikan setiap anak Indonesia dapat lahir dengan sehat, bergizi cukup, dan bebas dari kekerdilan (stunting). Dia juga memastikan tak boleh lagi ada anak-anak yang putus sekolah karena biaya pendidikan yang tidak terjangkau.

Komitmen itu diwujudkan melalui pembagian Kartu Indonesia Pintar dan perluasan penyaluran program beasiswa Bidik Misi. Jokowi mengklaim pembagian KIP pada 2017 sudah mencapai lebih dari 20 juta peserta didik.

Untuk memberikan perlindungan sosial bagi warga yang tidak mampu, pemerintah telah meningkatkan penerima bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional. Pada Mei 2018, sudah ada 92,4 juta jiwa yang menerima bantuan iuran JKN.

Jokowi mengklaim, upaya tersebut telah membuat kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam empat tahun terakhir terus membaik. Dia pun menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia meningkat dari 68,90 pada 2014 menjadi 70,81 pada 2017.

"Dengan hasil itu, negara kita sudah masuk ke kategori high human development," kata Jokowi.

(Baca juga: Diperintah Jokowi, Pertamina Siap Beli Seluruh Minyak Kontraktor Migas)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...