Ramaikan Asian Games, Transjakarta Gratis Selama 8 Hari

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

Kamis 16/8/2018, 16.17 WIB

Fasilitas Transjakarta gratis akan memudahkan masyarakat karena ada perluasan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Bus Transjakarta di Monas
AGUNG SAMOSIR | KATADATA

PT Transportasi Jakarta menggratiskan layanan Transjakarta selama 8 hari untuk meramaikan Asian Games 2018. Selama perayaan olahraga terbesar di Asia, Transjakarta bakal menyediakan 1.750 bus bagi layanan reguler.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwo menjelaskan, layanan gratis selama 8 hari pada tanggal 17,18,19,22,25, dan 26 Agustus 2018, serta 1-2 September 2018. “Layanan gratis di hari libur nasional dan setiap akhir pekan selama Asian Games 2018,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (16/8).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Menurutnya, fasilitas gratis Transjakarta akan memudahkan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan Asian Games 2018. Sebab, ada pembatasan kendaraan pribadi melalui perluasan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Budi menjelaskan, pemanfaatan layanan Transjakarta sebagai moda transportasi bakal efektif mengurangi kemacetan sehingga target waktu tempuh atlet ke venue pertandingan tercapai. “Selain itu, masih minimnya kantung-kantung parkir di Jakarta,” ujarnya.

(Baca juga: Dari Peta hingga Terjemahan, Google Turut Dukung Asian Games 2018)

Budi memprediksi, program gratis naik Transjakarta selama delapan hari akan menambah jumlah pelanggan. Tercatat, Transjakarta telah melayani lebih dari 620 ribu pelanggan setiap hari.

Untuk layanan gratis, pelanggan Transjakarta hanya perlu menempelkan kartu elektronik tanpa pemotongan saldo di seluruh halte Transjakarta.  Selain itu, Transjakarta juga menyediakan layanan rute khusus untuk masyarakat menuju venue-venue pertandingan, seperti Stasiun Palmerah-Gelora Bung Karno.

Khusus untuk atlet dan official Asian Games 2018, Transjakarta menyiapkan 350 unit bus khusus untuk mengantar dan menjemput para atlet dari Wisma Atlet ke venue pertandingan. Transjakarta juga menyediakan layanan gratis Transjakarta di dalam dan luar area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Reporter: Michael Reily