Pengeboran Sumur Ketiga Blok South Sesulu Dimulai

Anggita Rezki Amelia
17 Agustus 2018, 13:09
Rig Minyak
Katadata

PT Saka Energi Indonesia mulai mengebor sumur eksplorasi di Blok South Sesulu. Sumur yang dibor bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini bernama West SIS-A#1.

Direktur Utama Saka Energi Tumbur Parlindungan mengatakan pengeboran ini meningkatkan keyakinan bahwa cadangan migas yang signifikan masih dapat ditemukan di Indonesia saat ini. “Sumur itu sudah mulai dibor hari ini,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (17/8).

Advertisement

West SIS-A#1 merupakan sumur ketiga yang dibor di Blok South Sesulu. Saka akan menggunakan Rig Jack Up yang kedua untuk mengebor sumur yang terletak di Selat Makassar.

Adapun sumur pertama yang dibor di South Sesulu bernama SIS-A#1. Pengeboran yang dilakukan 23 Desember 2014 itu berhasil menemukan cadangan gas dengan perkiraan awal sekitar 500 miliar kaki kubik (bcf).

Tumbur mengapresiasi semangat para pekerja Saka Energi dalam mencari cadangan migas besar baru di Indonesia. “Jerih payah dan tekad yang kuat selalu menunjukkan hasil," kata dia.

Saka memiliki hak kelola 100% dan bertindak sebagai operator di Blok South Sesulu. Adapun Saka mendapatkan hak kelola itu setelah mengakuisisi Hess Corp pada Oktober 2013. Kontrak kerja sama Blok South Sesulu ditandatangani pada 5 Mei 2009 dan berakhir pada 2039 mendatang.

Secara keseluruhan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk ini memiliki 12 hak partisipasi di blok migas dalam negeri dan satu di luar negeri. Tujuh blok yang sudah berproduksi yaitu blok Pangkah, Muara Bakau, Bangkanai, Ketapang, Muriah, Southeast Sumatera, dan Blok Fasken yang berada di Amerika Serikat.

Sementara lima blok lainnya belum menghasilkan minyak atau gas karena masih dalam tahap eksplorasi. Selain Blok Sesulu ada West Bangkanai, Wokam II, Pekawai dan West Yamdena.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement