Pertamina EP Mulai Bor Sumur Wolai di Sulawesi Tengah

Arnold Sirait
19 Agustus 2018, 09:00
PEP Tajak Sumur Wolai
Pertamina EP

PT Pertamina EP mulai mengebor sumur eksplorasi di Desa Uwelolu, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi tengah. Pengeboran di sumur berkode Wolai – 001 (WOL – 001) ini

Pengeboran itu dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia. "Sumur eksplorasi Wolai - 001 sudah dilakukan tajak sumur per 17 Agustus 2018 pukul 00.01," ujar Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf berdasarkan keterangan resminya, Sabtu (18/8).

Target pemboran membutuhkan waktu sekitar 73 hari dengan kedalaman 2.365 meter. Namun per 18 Agustus 2018 pengeboran sudah mencapai kedalaman 395 meter.

Pertamina EP berharap sumur WOL - 001 ini bisa menghasilkan gas sekitar 250 BCFD atau setara dengan 41.82 MMBOE. Adapun biaya sekitar US$ 11 juta.

Nanang Abdul Manaf meminta timnya untuk memperhatikan aspek keselamatan dalam pengeboran. Selain itu, pengidentifikasian pemilihan tipe lumpur pemboran juga harus diperhatikan dan harus dilaksanakan oleh tim yang berpengalaman dan memiliki keahlian khusus.

Sumur eksplorasi WOL - 001 ini dibor menggunakan Rig PDSI D1000E No. 52 dengan kemampuan 1.000 HP. Rig ini berasal dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang services untuk kebutuhan industri migas.

(Baca: Terdongkrak Harga Minyak, Laba Bersih Pertamina EP Naik 24,7%)

Penggunaan rig tersebut merupakan upaya sinergi antara perusahaan induk dan anak. “Kami berkomitmen untuk menuntaskan operasi pemboran ini dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan," ujar Direktur Utama PT Pertamina Drilling Services Indonesia, Budhi N. Pangaribuan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...